10 Tips Praktis Untuk Memulai Bisnis Ekspor

Posted on

10 Tips Praktis Untuk Memulai Bisnis Ekspor – Tutorial ini kami ambil dari training memulai bisnis ekspor yang diadakan oleh Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) dan dibawakan oleh ketua KPMI, Nursyamsu Mahyudin. Beliau merupakan eksportir yang sudah senior, dan sudah menjalankan bisnis ekspor sejak tahun 90an.

Tips Praktis Untuk Memulai Bisnis Ekspor (Pelatihan Ekspor KPMI ELC Bandung)

Berikut langkah – langkah dalam 10 Tips Praktis Untuk Memulai Bisnis Ekspor yang beliau berikan :

  1. Menetapkan Produk Andalan dan Negara Tujuan Ekspor (NTE)
  2. Menyiapkan Perlengkapan “Tempur” antara lain : Brosur & Katalog, Spek Produk, dan Menghitung Biaya & Harga ke negara NTE tersebut
  3. Memiliki Website atau minimal blog yang berfungsi sebagai katalog atau etalase online
  4. Mendaftarkan website kita ke portal – portal bisnis internasional
  5. Melakukan optimasi ke search engine terhadap website kita atau biasa dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). Khusus untuk point ini kita juga bisa menggunakan Google Adwords utk cara yang berbayar
  6. Menyiapkan model surat – surat untuk korespondensi dengan buyer, seperti : Introduction Letter, Offer Sheet, Sales Contract, dan lain sebagainya
  7. Mempersiapkan sample produk. Kita bisa memberikan sample kepada peminat yang serius saja secara gratis, dan untuk produk yang nilainya cukup tinggi kita bisa mencharge dengan harga khusus.
  8. Memanfaatkan instansi pemerintah dan swasta yang bisa membantu pemasaran produk ekspor kita baik di dalam negeri maupun luar negeri, antara lain Dinas KUKM, Kementerian Perdagangan, ITPC, dan lain sebagainya.
  9. Jika mempunyai budget lebih, usahakan untuk mengikuti pameran yang relevan dengan produk kita, baik pameran di dalam negeri maupun luar negeri.
  10. Melakukan pemasaran online secara konsisten dan berkelanjutan. Disarankan untuk minimal 2 jam sehari di depan komputer, searching di Google dengan cara mencari bidang usaha buyer yang sesuai produk kita, kemudian kita usahakan untuk menemukan alamat emailnya, dan kemudian kita kirim email perkenalan dan penawaran. Jangan lupa untuk menjawab email dalam jangka waktu kurang dari 24 jam.

Demikian 10 Tips Praktis Untuk Memulai Bisnis Ekspor yang disampaikan oleh Nursyamsu Mahyudin, ketua umum KPMI dan pengusaha ekspor yang sudah memulai bisnis ekspor sejak tahun 90an.

Sumber : Pelatihan Ekspor KPMI ELC (Export Learning Club)

Banner Pelatihan Ekspor Impor
Banner E-Learning