Meluruskan Pemahaman Tentang Ahli Kepabeanan, PPJK, dan Kursus Ahli Kepabeanan

Posted on

Banyak sekali yang menanyakan kepada kami tentang “kursus ppjk” dan ingin langsung mendapatkan “sertifikat ppjk” setelah mengikuti kursus tersebut. Waitt !

Sebelum kita bahas lebih lanjut mari kita uraikan terlebih dahulu mengenai istilah – istilah diatas :

PPJK atau Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan, yaitu suatu perusahaan swasta yang berfungsi membantu eksportir dan importir dalam menyelesaikan kewajiban dalam bidang kepabeanan.

Ahli Kepabeanan, yaitu orang (perseorangan) yang telah diakui atau disertifikasi oleh pemerintah (dalam hal ini BPPK Kemenkeu) mempunyai pengetahuan dan skill di bidang kepabeanan. Sertifikat yang dimiliki oleh perorangan tersebut disebut dengan sertifikat ahli kepabeanan. Sertifikat tersebut juga populer disebut dengan sertifikat PPJK karena salah satu syarat pendirian PPJK saat ini memang harus mempunyai personil yang telah memiliki sertifikat ahli kepabeanan.

Kursus atau Diklat Ahli Kepabeanan, yaitu pelatihan yang diselenggarakan (biasanya oleh swasta) yang berisi materi – materi tentang kepabeanan dan materi tersebut akan digunakan dalam ujian sertifikasi ahli kepabeanan.

Diklat Ahli Kepabeanan (Kursus PPJK) - www.optimalearning.co.id

Jadi perorangan yang ingin mendapatkan sertifikat ahli kepabeanan harus mengikuti dan lulus ujian sertifikasi ahli kepabeanan. Lalu kapan ujian tersebut diselengarakan ? Untuk mengetahui jadwal ujian tersebut bisa dilihat pada website BPPK Kemenkeu.

Bagi yang ingin mendirikan Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK), harus memiliki personil yang telah lulus sertifikasi ahli kepabeanan dan memiliki sertifikat ahli kepabeanan.

Pertanyaan – Pertanyaan Seputar Ujian Sertifikasi Ahli Kepabeanan.

(+) Apakah untuk mengikuti ujian tersebut wajib mengikuti kursus atau diklat ahli kepabeanan juga ? Tidak wajib, namun untuk mendapatkan materi – materi ujian, penjelasan, & latihan soal ujian, bisa kita dapatkan jika kita mengikuti diklatnya.

(+) Berapa biaya diklat ahli kepabeanan dan biaya ujian sertifikasi ahli kepabeanan ? Biaya mengikuti diklat tergantung dari penyelenggaranya (variatif) dan biaya ujian sertifikasi saat tulisan ini dibuat adalah satu juta rupiah.

(+) Apakah kita dijamin lulus setelah mengikuti ujian sertifikasi tersebut ? Tidak

(+) Bagaimana jika kita tidak lulus ujian, apakah boleh mengulang ujian lagi di lain waktu ? Boleh, dengan membayar lagi biaya ujiannya.

(+) Setelah mengikuti diklat ahli kepabeanan apakah wajib mengikuti ujian sertifikasi ? Tidak wajib

(+) Jika kita telah lulus dan memiliki sertifikat ahli kepabeanan, manfaat apa saja yang kita dapatkan ? Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, terutama jika kita berprofesi di bidang yang berkaitan langsung dengan kepabeanan, contoh : Perusahaan manufacture ekspor – impor, perusahaan pengurusan jasa kepabeanan (ppjk), perusahaan transportasi ekspor impor (freight forwarder,shipping lines, airlines, emkl, emku,dll), perusahaan pergudangan ekspor impor (bonded warehouse, dll), perusahaan international trading, Bank, dan lain sebagainya.

Yang pasti setelah mengikuti diklat ahli kepabeanan dan/atau mengikuti sertifikasi ahli kepabeanan kita bisa lebih mendapatkan dan menebar manfaat, baik dari pengetahuan maupun skill yang telah kita dapatkan.

 

Banner Pelatihan Ekspor Impor
Banner E-Learning