10 Cara Cepat Melejitkan Bisnis Online

Bagi seorang pebisnis tentunya ingin meningkatkan penjualan dengan cepat, agar bisnis tersebut berkembang dan memberikan keuntungan yang berlipat ganda. Namun agar bisa seperti ini tidaklah mudah, diperlukan beberapa cara untuk meningkatkan penjualan terutama pada bisnis online.

Pemilik bisnis yang sebelumnya hanya berjualan secara offline kini mulai berusaha menarik pelanggan di dunia maya dengan berbagai cara. Dengan memasuki dunia digital, bisnis Anda juga berpeluang untuk menjadi lebih dikenal dan menjangkau berbagai tempat yang sulit dijangkau jika hanya dilakukan secara offline.

Namun, sebelum Anda mulai membangun aset digital, baik itu hanya media sosial atau bahkan situs web, pastikan mereka masih mudah diakses dan relevan dengan target pelanggan yang dituju.

Jika Anda adalah pemilik bisnis online, Anda bisa mencoba cara-cara berikut ini untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online Anda.

  1. Pahami target audiens

Untuk memastikan Anda membuat keputusan yang tepat dan tidak sewenang-wenang tentang produk dan aktivitas penjualan online yang ingin Anda lakukan, pertama-tama pahami siapa pelanggan atau pelanggan Anda nantinya. Manfaatkan berbagai alat analitik online untuk mengidentifikasi pola dan preferensi pembelian yang dilakukan oleh pelanggan.

  1. Buat bisnis Anda terlihat lebih unik

Cara meningkatkan penjualan dalam bisnis online yang kedua adalah dengan membuat bisnis Anda terlihat lebih unik. Misalnya, apa yang dapat ditawarkan kepada pelanggan melalui bisnis Anda, tetapi tidak dapat diberikan oleh orang lain? Jadi apa cerita di balik bisnis online Anda, produk yang Anda tawarkan, dan diri Anda sendiri sebagai pendiri? Setelah mengetahui apa yang membuat bisnis online Anda berbeda, maka tinggal mengembangkan strategi digital marketing yang tepat. Anda juga dapat memasukkan keunikan ini dalam tagline toko,  menyorotnya di beranda,  atau bahkan mengiklankannya di iklan media sosial.

  1. Aktif di komunitas online

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online adalah dengan aktif di komunitas online. Komunitas online seperti Facebook, Kaskus, Quora, Reddit, dan FemaleDaily dapat membantu Anda memahami calon pelanggan. Temukan forum online yang terkait dengan industri tempat Anda terlibat saat ini. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis peralatan, Anda dapat bergabung dengan forum yang membahas peralatan rumah tangga.

Dalam forum ini Anda dapat menemukan tren terbaru di antara konsumen, masalah yang dihadapi oleh konsumen dan bahkan masukan untuk industri. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kualitas produk atau jasa berdasarkan temuan forum online tersebut.

  1. Buat situs web

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan pada bisnis online keempat adalah dengan membuat situs web. Dengan banyaknya orang yang mengakses internet setiap harinya, Anda tentu bisa dimaksimalkan oleh para pelaku bisnis dengan membangun bisnis berbasis online.

Oleh karena itu, website wajib dimiliki oleh bisnis online Anda. Membangun website tidak hanya ditujukan bagi mereka yang memiliki produk seperti pakaian, aksesoris, dan lainnya. Namun, mereka yang memiliki kedai kopi  atau coffee shop juga membutuhkan website sebagai sarana untuk mempromosikan calon pelanggan.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis yaitu restoran makanan, website yang perlu Anda miliki tidak hanya berisi daftar makanan dan harga makanan. Namun, Anda bisa menyematkan blog yang menyediakan berbagai artikel tentang resep makanan sehat untuk calon pelanggan.

Sangat berguna untuk memberi mereka informasi yang berguna, terlepas dari produk yang ditawarkan kepada mereka.

  1. Kembangkan strategi pemasaran

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan pada bisnis online berikutnya adalah dengan mengembangkan strategi pemasaran. Tentunya strategi pemasaran dalam bisnis online akan sangat berbeda dengan perusahaan konvensional. Oleh karena itu, kembangkan strategi pemasaran wajib yang berguna dan relevan untuk menarik dan membangun audiens. Menerapkan strategi pemasaran adalah taktik yang memungkinkan Anda mendapatkan lalu lintas yang berpotensi menjadi konsumen.

Selain itu, strategi yang baik akan sangat berguna dan dapat membantu Anda menarik perhatian konsumen. Bahkan membuat mereka setia dengan bisnis online Anda.

Salah satu cara paling efektif untuk menjalankan strategi pemasaran adalah dengan menambahkan blog ke situs web. WordPress menyediakan fitur untuk menambahkan halaman blog terpisah.

Di blog Anda dapat mempublikasikan konten yang berguna dan relevan secara konsisten untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web. Anda juga bisa memberikan beberapa penawaran menarik di blog bagi pengunjung blog untuk membeli produk yang Anda jual di website. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang strategi pemasaran konten di  artikel Strategi Pemasaran.

  1. Manfaatkan media sosial

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online keenam adalah dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial tidak hanya memudahkan orang untuk terhubung satu sama lain. Anda juga dapat menggunakan platform media sosial untuk meningkatkan penjualan online. Mengingat masyarakat Indonesia merupakan pengguna aktif jejaring sosial populer seperti Facebook, Instagram dan Tiktok.

Untuk meningkatkan penjualan online melalui media sosial, Anda perlu mengembangkan strategi social media marketing yang tepat. Anda harus melakukan riset sebelum menjalankan kampanye media sosial. Ikuti panduan dalam artikel Panduan Pemasaran Media Sosial Lengkap untuk merancang strategi yang efektif untuk kampanye media sosial.

Untuk membantu lebih banyak pelanggan baru menemukan bisnis online yang Anda miliki, jadilah lebih aktif di media sosial. Bagikan konten yang menarik bagi audiens target Anda dan lakukan secara konsisten. Jadi, mulailah membagikan gambar atau video berkualitas tinggi dari semua produk Anda di media sosial untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial.

  1. Terapkan SEO

Cara cepat meningkatkan penjualan dalam bisnis online selanjutnya adalah dengan menerapkan SEO. Ketika Anda sudah memiliki hal-hal seperti website yang cukup komprehensif dalam hal mobile dan mudah digunakan serta sudah memiliki media sosial, maka Anda tinggal mengoptimalkan keduanya.

Optimalkan website dengan menggunakan teknik yang disebut SEO atau search engine optimization. Teknik ini digunakan untuk mengoptimalkan halaman di mesin pencari (Google, yahoo, bing).

Sebelum Anda dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan SEO,  menerapkan  SEO lokal dapat membuat bisnis Anda berada di halaman depan hasil pencarian Google di wilayah Anda.

Ini dapat digunakan untuk mereka yang berada di sekitar bisnis Anda. Misalnya, Anda memiliki restoran di Surabaya. Ketika Anda telah mengoptimalkannya menggunakan SEO lokal, ketika orang mencari kata ‘restoran di Surabaya’, bisnis Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.

Kemudian, sematkan di Google Maps di halaman kontak situs web dan daftarkan perusahaan Anda di Google Bisnisku. Teknik ini cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan, terutama dengan cara online.

  1. Manfaatkan pemasaran email

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis online kedelapan adalah dengan memanfaatkan pemasaran email. Pemasaran email adalah pengiriman pesan komersial seperti buletin dan promosi melalui email. Pemasaran email pertama kali digunakan oleh Gary Thuerk pada tahun 1978. Sejak itu, email telah dikenal sebagai salah satu alat pemasaran yang efektif. Pada tahun 2017, dari 205 miliar email yang dikirim setiap hari, 120 miliar di antaranya adalah email bisnis, yang mencakup email pemasaran.

Beberapa orang mungkin menganggap pemasaran email sebagai spam yang berpotensi mengganggu konsumen. Namun, fakta mengatakan sebaliknya, penggunaan pemasaran email terus meningkat setiap tahun.

  1. Optimalkan penargetan ulang

Selain pemasaran email, penargetan ulang dapat dilakukan melalui mesin pencari dan iklan media sosial. Kumpulkan data  tentang lalu lintas yang Anda terima, termasuk orang-orang yang mengomentari  atau menyukai iklan  Facebook, atau mereka yang mengklik iklan  Anda di Google dan mereka yang mengunjungi halaman tertentu di situs web  Anda  . Kembali ke iklan yang akan Anda jalankan di bawah ini.

  1. Pilih Platform E-niaga yang Tepat

Cara cepat untuk meningkatkan penjualan pada bisnis online terbaru adalah dengan memilih platform e-niaga yang tepat. Memilih platform yang tepat memiliki proses dan fitur manajemen yang sederhana sehingga pelanggan dapat dengan mudah menavigasi akun toko online mereka. Dengan begitu, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnis Anda, tanpa harus memikul beban pengembangan fitur.

Itulah sepuluh cara meningkatkan  penjualan online  yang bisa Anda ikuti. Pastikan Anda melakukan setiap langkah secara konsisten agar  bisnis online  Anda dapat memberikan customer experience yang baik. Karena semakin baik customer experience yang Anda berikan, maka akan semakin mudah untuk mengubahnya menjadi penjualan.