5 Pekerjaan di Bidang Pertanian Income Tinggi dan Menjanjikan
5 Pekerjaan di Bidang Pertanian Income Tinggi dan Menjanjikan

5 Pekerjaan di Bidang Pertanian Income Tinggi dan Menjanjikan

Jenis pekerjaan di bidang pertanian memang menarik untuk dibahas. Bahkan profesi di bidang pertanian tidak memiliki batasan nilai income ataupun objek yang dikerjakan.

Sekarang profesi di bidang pertanian sama-sama menarik dan seru bila dibandingkan dengan pekerjaan lainnya.

Sedangkan cakupan ilmu pertanian juga semakin luas mulai agronomi, peternakan, perkebunan, dan perikanan.

Itulah mengapa ada banyak daftar jenis pekerjaan menjanjikan dan tidak banyak diremehkan hingga tidak kalah keren dengan bidang lainnya.

Banyak kalangan di bidang pertanian dapat bekerja dimana saja selain di sawah. Bahkan perkembangan profesi di bidang pertanian juga mencakup bisnis lainnya yang juga berkecimpung di sektor pertanian.

Baca Juga : Jenis Kopi di Indonesia, Kenali Sebelum Terjun ke Bisnis Ekspor

Pekerjaan di Bidang Pertanian Nilai Income Tinggi dan Menjanjikan

Cukup menarik dalam membahas seperti apa daftar bidang pekerjaan di sektor pertanian. Tidak hanya berkecimpung di area persawahan, tetapi ada beberapa deretan pekerjaan menarik bisa Anda pahami seperti berikut :


  • Agronomist

Dapat dikatakan dalam bidang agronomist juga banyak diminati karena jenis pekerjaan satu ini cukup populer terutama untuk lulusan baru atau fresh graduate.

Dari sinilah terlihat seperti apa poin penting dalam mengembangkan nilai bakat di bidang agronomist.

Agronomi sebagai ilmu mempelajari faktor lingkungan dan genetik, dimana kedua faktor tersebut berpengaruh pada pertumbuhan hingga produksi tanaman.

Profesi dari bidang Agronomist juga memberi pengkajian seputar bagaimana mendapat metode tepat untuk menghasilkan pertumbuhan dan produksi tanaman dengan memberi hasil terbaik.

Agronomist juga dikenal sebagai profesi untuk identifikasi lingkungan sekitar.


  • Ahli Ekologi Perairan

Mungkin Anda belum sering mendengar pekerjaan di bidang pertanian yakni ahli ekologi perairan. Dari pekerjaan ini memberi nilai income tinggi bahkan menjanjikan di sektor lingkungan perairan ataupun lahan kering.

Ada tugas dari seorang ahli ekologi perairan salah satunya mengidentifikasi suatu permasalahan di sekitarnya baik pencemaran, polusi di tumbuhan, hewan dan lainnya.

Baca Juga : Biaya Eksplisit, Apa Contoh dan Manfaat Bagi Bisnis Ekspor


  • Botanist

Dapat dikatakan bahwa Botanist menjadi salah satu profesi di bidang pertanian dengan nilai gaji menjanjikan. Ahli pertanian di bidang botani hampir sama fungsi kerjanya dengan agronomist.

Namun perebedaan dari aspek botanist ini mampu mengkaji seputar pertumbuhan dari segi sel, jenis penyakit, jaringan, sampai proses fisiologi tanaman itu sendiri.

Hingga akhirnya hasil yang digunakan sebagai satu penentu tempat ataupun lokasi untuk tumbuh baik dari lingkungan dan media tanamannya.


  • Food Innovator

Banyak hal diperhitungkan dari profesi di bidang pertanian yang mana food innovator ini memberi potensi dalam menjual produk sekaligus menambah nilai jual hasil panen lebih tinggi.

Tidak hanya itu, food innovator juga memberi penyuluhan mengenai pengembangan dan inovasi ke para petani.

Penyuluhan dalam aspek pengawetan, pengolahan jadi makanan, penyulingan, dan lainnya menjadi satu poin penting sehingga food innovator mampu memberi solusi agar para petani bisa bekembang lebih maksimal.


  • Microbiologist

Potensi kerja dari seorang microbiologist juga banyak memberi peluang menarik dan menjanjikan.

Dari profesi satu ini telah memperlihatkan seperti apa perkembangan mikroorganisme, dan pengaruhnya terhadap manusia sampai cara memanfaatkannya untuk kebutuhan pertanian, lingkungan, bahkan dari aspek pangan.

Proses pembuatan pupuk, pengawetan produk makanan, mengatasi berbagai pencemaran, dan pestisida menjadi satu poin kerja seorang microbiologist.

Sekarang daftar pekerjaan di bidang pertanian dengan income tinggi dan menjanjikan menjadi satu poin penting yang semuanya bisa dikembangkan.