5 Situs Ini Bisa Menghasilkan Uang, Dengan Cara Menjadi Reseller Dropship

Biaya hidup sehari-hari semakin mahal. Anda tidak bisa hanya mengandalkan satu sumber pendapatan atau mengandalkan gaji bulanan. Banyak orang mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa dieksplorasi untuk memiliki pekerjaan sampingan. Salah satunya adalah  bisnis toko online. Mengingat saat ini semuanya sudah online, banyak orang yang menjadikan ini sebagai peluang bisnis.

Anda bisa mulai membuka toko online dengan  sistem reseller dropshipping. Dengan sistem ini, Anda tidak perlu menimbun barang dagangan. Anda cukup menjual produk dari pemasok dengan memanfaatkan perbedaan harga produk awal.

Jika Anda tertarik dengan bisnis ini dan bertanya-tanya, bagaimana cara menjadi reseller dropship? Anda dapat mendengarkan artikel lengkap di bawah ini.

Apa itu reseller?

Secara sederhana, reseller merupakan jenis usaha dengan modal yang tidak terlalu besar. Itulah sebabnya jenis bisnis ini sangat disukai oleh pengusaha pemula.

Menurut KataKita dalam buku Reseller Vs Dropship,  reseller  adalah pihak yang menjual kembali suatu produk. Berdasarkan pemahaman tersebut, dapat diketahui bahwa  seorang reseller tidak perlu memproduksi suatu barang.

Sebab, mereka hanya membeli produk dari supplier atau merchant lain yang kemudian dijual kembali dengan harga lebih tinggi. Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Apa itu reseller online?

Konsep reseller menjual kembali produk orang lain juga bisa diterapkan secara online. Hal ini mengingat keberadaan teknologi dan internet memungkinkan sebuah bisnis berfungsi lebih efektif dan memiliki jangkauan yang lebih luas.

Menurut buku Bisnis Online: Strategi dan Peluang Bisnis karya  Dicky Nofriansyah, dkk., reseller online adalah jenis bisnis yang dijalankan dengan bantuan media internet.

Adanya  sistem reseller online berhasil menarik antusiasme berbagai kalangan untuk mencoba peluang bisnis ini. Sebut saja kelompok ibu rumah tangga, pelajar hingga mahasiswa. Selain tidak membutuhkan modal yang banyak, sistem reseller online  tidak memerlukan tempat untuk menyimpan produk yang dijual kembali.

Apa langkah awal untuk menjadi reseller?

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis ini, simak cara menjadi reseller toko online di bawah ini.

  1. Siapkan modal

Yang harus anda persiapkan terlebih dahulu adalah modal. Apa ibu kotanya? Pertama ada smartphone dan koneksi Internet. Karena Anda akan menjual barang dagangan melalui jejaring sosial atau pasar. Yang kedua adalah modal. Sebagai  reseller dropship, tentunya Anda perlu menyiapkan modal awal untuk menjadi anggota supplier atau distributor tersebut.

  1. Menjadi anggota supplier atau distributor

Sudah disebutkan di poin pertama, Anda akan bergabung terlebih dahulu dengan supplier atau distributor jika ingin menjadi reseller dropship. Dengan bergabung di sini, Anda bisa memilih berbagai produk yang sudah disediakan bagi member untuk dijual kembali tanpa perlu menyimpan produk dengan meraup keuntungan dari selisih  harga  vendor.

Biaya yang dikeluarkan sebagai anggota bervariasi, tergantung vendor atau distributor. Namun jangan khawatir, biasanya harga link untuk menjadi member cukup terjangkau. Untuk menemukan  situs  penyedia reseller  dropshipping, Anda dapat melanjutkan membaca artikel di bawah ini!

5 Situs Vendor Reseller Dropship

Berikut ini adalah lima rekomendasi situs reseller  atau  penyedia dropship yang bisa dijadikan acuan untuk memulai bisnis:

  1. Dropshipaja.com

Situs pemasok reseller dropshipping pertama ini  milik Rico Huang. Dropshipaja.com adalah  penyedia  yang berfokus pada cetak sesuai permintaan, di mana anggotanya dapat membuat   desain khusus, produk termasuk kasing, t-shirt, mug, album   foto, dll.

Untuk menjadi member di sini, kamu bisa langsung mengunjungi situsnya, provider  ini  membuka harga promo di  harga Rp 99 ribu dan harga reguler sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu. Dengan biaya sebesar itu, Anda akan mendapatkan keuntungan, seperti proses produksi yang cepat, ada komunitas sesama tenaga penjualan, customer service yang siap membantu jika ada kendala dan lain-lain.

  1. Sahabatdropshipper.com

Selain itu, situs vendor ini mengklaim ada ratusan produk yang siap dijual, di antaranya T-shirt, jaket, sepatu, hijab, celana, dan lainnya. Untuk bergabung menjadi reseller dropship di sahabatdropshipper.com, ada beberapa   pilihan  keanggotaan dengan harga yang berbeda-beda. Dari keanggotaan tiga bulan Rp 95 ribu menjadi satu tahun di Rp 225 ribu.

Dengan membayar sebesar itu, Anda mendapatkan   berbagai keuntungan, seperti akses produk siap jual, website toko online  gratis, transaksi tanpa batas,   dan lain-lain. Untuk mengetahuinya secara lengkap, Anda bisa langsung mengunjungi website terkait.

  1. Bandros.co.id

Platform yang berdiri sejak tahun 2014  ini menawarkan  sistem reseller dropshipping yang  menjual tanpa stok barang dan modal yang terjangkau. Dengan mengklaim lebih dari 14.000 produk lokal siap dijual, Anda bisa menemukan produk pilihan, seperti fashion, makanan, dan kosmetik.

Harga member dibanderol dengan harga bandros.co.id mulai dari Rp 90 ribu untuk tiga bulan, Rp 140 ribu untuk 6 bulan dan Rp 225 ribu untuk satu tahun. Keuntungan yang didapat jika Anda menjadi reseller dropship adalah akses ke puluhan video tutorial bisnis online, marketing kit  untuk  memudahkan penjualan, dan lain-lain.

  1. Resellerdropship.com

Untuk  situs supplier reseller dropshipping ini, Anda hanya perlu merogoh kocek keanggotaan sebesar Rp 150 ribu selama setahun. Dengan membayar sebesar itu, Anda mendapatkan kemudahan mengakses ribuan  produk fashion   dengan gambar, deskripsi, harga, dan informasi stok produk. Ada juga layanan  garansi untuk produk dengan jaminan uang kembali.

  1. 101red.com

Situs pemasok reseller dropshipping terbaru  adalah 101red.com.   Platform chrtisina Lie merupakan  distributor fashion toko online terbesar  di Indonesia. Anda akan menuai manfaat dari pendampingan berjualan, tidak perlu repot mengemas produk dan keuntungan lainnya.

Bagaimana cara kerja reseller?

Meski cukup mudah untuk dipraktikkan, tidak sedikit yang belum paham cara kerja reseller. Perlu diingat bahwa  sistem reseller dan dropshipper   memiliki perbedaan satu sama lain.

Menurut sumber yang sama, untuk reseller, produk akan dikirim oleh penjual ke reseller. Selain itu, jika ada pesanan dari konsumen, produk akan dikirim langsung oleh  reseller ke konsumen.

Sedangkan pada sistem dropshipper, pengiriman produk ke konsumen tidak dilakukan oleh reseller. Sebab,  sistem dropshipping hanya membeli produk dari penjual jika ada pesanan dari konsumen.

Membesarkan

Ilustrasi kerja sama komersial antara distributor dan reseller. Foto: Unsplash.com

Sedangkan dari segi penentuan harga jual, reseller berhak menentukan harga jual kepada konsumen sesuai dengan keuntungan yang diharapkan. Sementara itu,  dropshipper tidak berhak menentukan harga jual kepada konsumen.

Hal ini dikarenakan penjual langsung mengirimkan produk tersebut kepada konsumen. Dengan kata lain, dropshipper hanya bertindak sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Oleh karena itu, cara  kerja reseller secara umum dapat ditulis sebagai berikut:

  • Supplier atau penjual produk akan memberikan harga khusus kepada reseller dengan jumlah minimal pembelian. Dengan begitu, reseller bisa membeli produk dengan harga yang lebih murah.
  • Selain itu, reseller akan menjual kembali produk yang telah dibeli melalui supplier atau penjual kepada konsumen dengan harga baru.

Itulah gambaran reseller sebagai salah satu pilihan bisnis bagi pemula. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis ini?