Bisnis di E-niaga, Begini Cara Mudah Mendirikannya

Di zaman modern, prioritas manusia telah berubah secara signifikan. Lebih banyak orang ingin menjadi bos mereka sendiri dan memiliki kendali atas karier mereka sendiri. Dan untungnya, aspirasi ini sekarang lebih mudah diakses dari sebelumnya berkat internet, dan e-commerce adalah salah satu cara yang menarik untuk mencapainya.

Namun, mencari tahu cara menjual di e-niaga yang benar-benar dapat menghasilkan uang bisa sangat sulit. Karena ada begitu banyak informasi yang harus dilalui dan begitu banyak istilah, seperti apa itu e-commerce, untuk  dipelajari, membuat rencana tindakan untuk memprioritaskan sumber daya sangat penting karena Buddy Shipper menyusun strategi untuk bisnis e-niaganya sendiri.

Artikel ini akan membahas tips jualan online terlaris untuk pemula yang sukses.

  1. Tentukan ceruk e-niaga

Buddy Shipper harus memilih ceruk yang  sempurna  untuk meluncurkan bisnis online yang sukses. Spesialisasi apa yang Anda pilih? Keterampilan atau pengalaman apa yang Anda miliki? Apa peran keterampilan tersebut di pasar? Produk apa yang ingin Anda jual?

Mulailah dengan meneliti pasar untuk mendapatkan gambaran tentang bisnis. Periksa perusahaan lain di industri pilihan Anda untuk menemukan apa yang mereka lakukan dengan benar dan apa yang mereka lakukan salah.

  1. Lakukan riset

Temukan pesaing utama dalam industri yang dipilih Buddy Shipper dan lakukan studi tentang sejarah dan model perusahaan Anda, serta teliti produk fashion untuk ide produk.

Pertimbangkan apa yang dapat dipelajari Buddy Shipper dari apa yang mereka lakukan. Cari tahu apa yang diinginkan  orang-orang di industri atau ceruk itu  dan bagaimana Buddy Shipper dapat mengirimkannya kepada mereka dengan cara unik mereka sendiri.

Buddy Shipper juga harus mencari cara untuk mengatasi hambatan untuk memasuki industri. Apakah Anda harus mengeluarkan uang untuk iklan? Apakah Anda memerlukan aplikasi integrasi pasar terbaik? Apa alternatifnya jika Anda tidak memiliki cukup dana? Apa yang dapat Anda lakukan dengan sumber daya yang Anda miliki?

Saat memulai bisnis e-niaga, jangan ragu untuk memulai dari yang kecil dan sederhana.

Tentukan celah pasar yang menurut Anda dapat diatasi oleh produk atau jasa yang Anda miliki. Jangan berkecil hati jika Anda memberikan sesuatu yang sudah ada. Cukup berusaha untuk memberikan layanan dengan cara yang tidak dapat dilakukan orang lain.

  1. Pilih target produk dan pasar

Buddy Shipper dapat memilih  produk e-niaga pertama yang  menguntungkan  menggunakan sejumlah taktik yang terbukti benar. Anda dapat memenuhi kebutuhan pasar, menarik  ceruk pasar  kecil  sebagai amatir atau memanfaatkan keinginan pribadi Anda. Gunakan metode ini untuk menemukan produk atau layanan yang ideal untuk dipasarkan.

  1. Brainstorming produk untuk dijual

Pastikan Buddy Shipper mencari istilah di luar Google saat melakukannya. Sementara Google adalah mesin pencari paling populer, pasar online seperti Tokopedia dan Shopee juga memiliki fitur pencarian sendiri.

Jika buddy Shipper berpikir untuk menjual produk, gunakan situs ini untuk memeriksa kata kunci mana yang muncul saat mencari nama produk. Hasil ini memberikan wawasan tentang apa yang dicari orang dalam suatu produk.

  1. Menemukan target pasar

Buddy Shipper dapat menebak di mana mereka akan online dan pesan apa yang akan mereka tanggapi berdasarkan informasi tersebut. Ketika tiba saatnya untuk memulai  toko e-niaga, pengetahuan ini akan membantu memasarkan produk secara efisien.

  1. Validasi Produk

Buddy Shipper perlu menentukan apakah itu benar-benar dapat menjalankan konsep produk setelah Anda mengembangkannya dan tahu kepada siapa Anda ingin menjualnya. Dengan kata lain, Buddy Shipper harus menentukan apakah bisnis tersebut akan menguntungkan.

Anda dapat menilai kelayakan produk menggunakan berbagai parameter. Kriteria berbasis pasar dan berbasis produk adalah dua jenis dasar dari kriteria yang umum digunakan. Kriteria ini dapat membantu Anda mendapatkan ide bagus tentang potensi produk atau layanan Anda, serta menghindari kesalahan yang sering dilakukan orang-orang di ceruk industri Anda.

Jika buddy Shipper telah menyimpulkan bahwa ada cukup permintaan untuk produk setelah mempertimbangkan semua variabel, Anda dapat melanjutkan untuk mengamankan elemen lain dari bisnis Anda sebelum meluncurkan dan membangun  bisnis e-niaga.

  1. Tentukan cara mendapatkan produk

Jika Anda menjual produk fisik, Anda harus mencari cara untuk mendapatkannya dan mengirimkannya ke pelanggan. Berikut adalah beberapa model untuk dipilih:

  • Produksi sendiri
  • Beli di pesta dan jual kembali
  • Pengiriman dropshipping
  • Penawaran Digital
  1. Kembangkan rencana bisnis

Menulis rencana bisnis akan membantu Anda menetapkan tujuan dan mempelajari detail tentang apa yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda dan menjangkau pelanggan. Investor akan mengharapkan Buddy Shipper memiliki rencana bisnis jika Anda ingin mendapatkan pinjaman ekuitas. Buat rencana yang komprehensif dan profesional.

  1. Pilih nama bisnis

Salah satu komponen tersulit untuk memulai bisnis e-niaga  adalah penamaan toko. Sesama pengirim harus membuat nama yang menonjol, mencerminkan merek, dan belum digunakan oleh orang lain.

Setelah memutuskan nama dan memverifikasi bahwa tidak ada orang lain yang menggunakannya, Buddy Shipper harus mendaftarkannya sebagai domain online. Nama domain akan digunakan untuk membuat toko online dan identitas Anda, sehingga memudahkan pelanggan untuk menemukan toko online Anda.

  1. Buat toko online

Saatnya memilih platform dan mulai membangun toko online setelah Buddy Shipper siap. Ada beberapa platform e-niaga  untuk  dipilih, jadi Buddy Shipper harus mencari tahu mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Pasarkan bisnis baru

Akhirnya tiba saatnya untuk memberi tahu dunia tentang bisnis baru Buddy Shipper dan mulai menjual produk setelah semuanya direncanakan dan disiapkan. Penelitian Buddy Shipper tentang demografi target akan memberi Anda gambaran tentang di mana Anda akan menjalankan iklan dan konten apa yang perlu dikembangkan.