Cara Mengatasi Hp Basah

Cara Memperbaiki HP Mati total / Matot Bang Jo
Cara Memperbaiki HP Mati total / Matot Bang Jo from masekojm.blogspot.com

Pengenalan

Kita semua pernah mengalami situasi di mana HP kita terkena air atau kelembaban yang berlebihan. Kadang-kadang, bahkan hanya sedikit tetesan saja dapat merusak perangkat elektronik kita. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan tips dan trik untuk mengatasi HP basah dengan mudah.

Langkah Pertama: Matikan HP

Jika HP Anda terkena air atau kelembaban, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan perangkat secepat mungkin. Jangan mencoba untuk menyalakan HP karena hal ini dapat merusak komponen di dalamnya.

Langkah Kedua: Keluarkan SIM Card dan Memory Card

Setelah mematikan HP, lepaskan SIM card dan memory card dari perangkat. Hal ini akan memastikan bahwa kartu tidak terkena korosi atau kerusakan.

Langkah Ketiga: Keringkan HP dengan Handuk atau Tisu

Gunakan handuk atau tisu bersih dan kering untuk mengeringkan permukaan HP. Pastikan untuk menghapus semua air atau kelembaban yang mungkin ada di permukaan perangkat.

Langkah Keempat: Simpan HP dalam Wadah Berisi Beras

Setelah mengeringkan permukaan HP, letakkan perangkat dalam wadah yang berisi beras. Beras memiliki sifat menyerap kelembaban, sehingga dapat membantu mengeringkan HP dengan lebih cepat.

Langkah Kelima: Tunggu Selama 24 Jam

Setelah menempatkan HP dalam wadah berisi beras, biarkan perangkat tetap di dalamnya selama 24 jam. Hal ini akan memastikan bahwa semua kelembaban di dalam HP telah sepenuhnya hilang.

Langkah Keenam: Nyalakan HP

Setelah 24 jam, keluarkan HP dari wadah beras dan pasang kembali SIM card dan memory card. Kemudian, nyalakan HP dan pastikan semuanya berfungsi seperti biasa.

Langkah Terakhir: Hindari Kondisi Basah

Untuk menghindari HP dari kondisi basah atau kelembaban di masa depan, pastikan untuk tidak membawa perangkat Anda ke tempat-tempat dengan kondisi lembap atau basah, seperti di pantai atau di dekat kolam renang.

Kesimpulan

Mengatasi HP basah mungkin terdengar sulit, tetapi dengan beberapa langkah sederhana, Anda dapat memperbaiki perangkat Anda dengan mudah. Ingatlah untuk selalu mematikan HP terlebih dahulu, mengeringkan permukaan perangkat, dan menyimpannya dalam wadah berisi beras selama 24 jam. Selain itu, hindari membawa HP Anda ke tempat-tempat yang basah atau lembap untuk mencegah kerusakan di masa depan. Dengan begitu, HP Anda akan tetap berfungsi dengan baik dan awet.