Fitur Fight 2 Mobil Listrik, Toyota bZ4X Vs Hyundai Ioniq 5

Cepat atau lambat mobil listrik diproyeksikan akan meningkat di Indonesia. Pemerintah juga terus mendorong percepatan pengambilalihan mobil listrik dengan berbagai kebijakan. Salah satu yang terbaru adalah rencana kebijakan insentif, juga dikenal sebagai subsidi jika Anda membeli kendaraan listrik. Saat ini, ada beberapa mobil listrik yang bisa dipinjam di Indonesia. Dari segmen sport utility vehicle (SUV), setidaknya ada dua model yang bersaing, yakni Toyota bZ4X dan Hyundai Ioniq 5.

 

Sebelumnya, kami telah membandingkan keduanya dari segi desain eksterior dan kabin. Sekarang kita akan membandingkan kami dalam hal fitur karena fitur adalah daya tarik besar dalam hal menarik konsumen. Bicara soal fitur, baik Hyundai Ioniq 5 maupun Toyota bZ4X dilengkapi dengan teknologi canggih.

Ioniq 5 dilengkapi dengan Hyundai Smart Sense dan bZ4X serta Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Fitur keselamatan kedua mobil tersebut sudah memiliki sistem pre-collision dan pre-collision braking assist, lane departure warning (LDA), lane following assist (LTA) dan adaptive cruise control.

 

Hyundai Smart Sense juga telah diintegrasikan ke dalam model Hyundai lainnya seperti Creta, Ioniq 5 dan Stargazer. Setidaknya ada lima fitur keselamatan aktif di Hyundai SmartSense. Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA), Blind Spot Collision Avoidance Warning (BCW), Driver Attention Warning (DAW) dan Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA). RCCA bekerja ketika kendaraan mundur dari posisi parkir, sensor ini akan mendeteksi keberadaan objek atau kendaraan yang mendekat dari sisi kiri atau kanan belakang. Sensor ini juga mampu memberikan peringatan audio.

 

Adapun Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. termasuk fungsi pre-collision system (PCS), dynamic radar cruise control (DRCC), lane departure warning (LDA) dan lane following assist (LTA) dan automatic high beam (AHB). Meski tidak terlihat jauh berbeda, Toyota memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki Hyundai, yaitu Advanced Parking. Fitur ini memungkinkan mobil untuk parkir secara otomatis.