Jenis Kopi di Indonesia, Kenali Sebelum Terjun ke Bisnis Ekspor
Jenis Kopi di Indonesia, Kenali Sebelum Terjun ke Bisnis Ekspor

Jenis Kopi di Indonesia, Kenali Sebelum Terjun ke Bisnis Ekspor

Nilai keuntungan dalam menjual berbagai jenis kopi di Indonesia saat ini telah banyak menghadirkan pengalaman menarik bagi pebisnis ekspor.

Memang dari komoditas jenis kopi di Indonesia sekarang mampu memperlihatkan bagaimana kualitasnya sebagai satu langkah mendapat nilai cuan.

Jika berbicara dari pengembangan nilai ekonomi di setiap jenis kopi di Indonesia tentu saja memberi pengalaman penting dalam banyak kesempatan menjalankan bisnis ekspor.

Dari sini terlihat adanya deretan jenis kopi berpotensi sebagai produk ekspor dan hasilkan nilai cuan tinggi.

Baca Juga : Biaya Eksplisit, Apa Contoh dan Manfaat Bagi Bisnis Ekspor

Jemis Kopi di indonesia Populer dan Cocok Untuk Bisnis Ekspor

Indonesia dikenal sebagai penghasil biji kopi terbaik bahkan berbagai produk kopi unggulan sudah di ekspor ke luar negeri.

Iklim tropis Indonesia menjadi salah satu keuntungan tersendiri dalam produksi kopi. Sehingga bukan tidak mungkin dari penanaman tanaman kopi terbilang cocok untuk iklim tropis.

Pada dasarnya produksi kopi di Indonesia sudah tersebar di berbagai daerah, sehingga dari awal terlihat bagaimana produksi kopi benar-benar efektif dan memberi beberapa jenis terbaik.

  • Kopi Arabika Gayo Aceh

Aceh memiliki potensi penghasil biji kopi terbaik di Indonesia. Jenis kopi Gayo berasal dari dataran tinggi Gayo.

Memiliki ketinggian mencapai 1200 sampai 1700 Mdpl membuat produksi kopi di daerah Gayo banyak diminati.

Tekstur dari kopi produksi daerah Gayo terlihat lebih encer, sehingga cita rasa lebih dominan rasa asam namun tidak terlalu pekat.

Jenis kopi Gayo juga cocok bagi penggemar kopi yang tidak menyukai rasa asam di setiap kopi murninya.

Jenis Kopi Gayo rata-rata disajikan dengan metode tradisional. Kopi diseduh namun sebelumnya dilakukan proses perebusan di panci hingga kopi mendidih.

Setelah itu kopi bisa disajikan di dalam gelas berisi gula dan susu.

Baca Juga : 5 Manfaat Batu Bara Pada Kehidupan Sehari-hari, Tidak Hanya Sebagai Produk Ekspor Bernilai Miliaran

  • Kopi Arabika Toraja

Daerah Toraja menjadi salah satu jenis kopi asal Indonesia bahkan sudah terkenal di dunia. Jenis kopi di Indonesia dengan cita rasa terbaik bisa dihadirkan dari hasil kopi Toraja.

Ciri khas dari kopi Toraja memiliki cita rasa pahit hanya saja tidak terasa kuat saat meneguknya. Rasa pahit akan hilang tanpa meninggalkan bekasnya.

Daerah Sulawesi terutama Toraja menjadi tempat penghasil kopi Arabika ini. Sehingga tidak heran bila sensasi rasa yang dihasilkan memiliki ciri khas menarik.

  • Kopi Arabika Java Ijen Raung

Jawa Timur juga menghasilkan satu jenis kopi Arabika Java Ijen Raung. Bahkan dari jenis kopi satu ini menghasilkan produksi terbaik dari setiap petaninya.

Jenis kopi satu ini memiliki ciri khas menarik salah satunya sedikit pedas. Dari sisi aromanya kopi ini memiliki ciri khas seperti aroma bunga hutan.

Dari awal, kopi khas Daerah Bondowoso pertama ini mampu dijual ekspor tahun 2011, hingga sekarang mampu memberi peningkatan pendapatan petani.

  • Kopi Arabika Kintamani, Bali

Bali atau lebih tepatnya di daerah Kintamani juga memiliki hasil budidaya kopi berkualitas ekspor.

Menariknya jenis kopi di Indonesia dengan nama Arabika Kintamani ini memiliki ciri khas tingkat kekentalan sedang, dan rasanya terbilang ringan ataupun lembut.

Sekarang ekspor dari hasil budidaya kopi Arabika Kintamani ini sudah mencapai Jepang, Arab, dan kawasan Eropa.

  • Kopi Liberika Rangsang Meranti, Riau

Riau juga memiliki hasil kopi bernama Lierbika Rangsang Meranti.

Menariknya dari kopi jenis ini populer di Singapura hingga Malaysia.

Sudah menjadi pelanggan utama dari kopi Liberika Rangsang Meranti dari Indonesia pastinya cita rasa kopi satu ini banyak diminati.

Cukup banyak jenis kopi di Indonesia yang mampu memberi cita rasa menarik hingga menghadirkan berbagai macam karakter sampai berpotensi sebagai produk ekspor.