Pasar SUV Indonesia dikelompokkan menjadi 4 Mobil Baru, Berikut Urutannya!

Indonesian International Motor Show atau IIMS 2023 yang baru saja berakhir dibanjiri mobil-mobil baru di segmen compact SUV dari berbagai pabrikan seperti Wuling, Cherry, Suzuki hingga Mitsubishi. Kehadiran produk baru tersebut pun membuat penguasa pasar ini yakni H-RV mulai terancam, terlebih Wuling melalui model Alvez-nya berhasil menarik perhatian masyarakat karena harga yang ditawarkan mobil tersebut sangat terjangkau. Bahkan, harga Wuling Alvez hampir menyentuh harga mobil di segmen LMPV yang dibanderol mulai dari Rp 209 jutaan.

 

Menanggapi hal tersebut, Direktur Inovasi Bisnis dan Pemasaran dan Penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, mengaku optimistis konsumen Indonesia tidak akan menetapkan harga sebagai acuan saat membeli mobil.  “Saya kira konsumen saat ini, kebanyakan tidak hanya membeli kendaraan dengan melihat harga atau pembaharuan, apalagi jika loyalisnya adalah Honda,” ujarnya di IIMS 2023 beberapa waktu lalu.

Lantas apa saja mobil baru yang “bergabung” dengan pasar SUV di Indonesia?

1. Wuling Alvez

Dimensi Wuling Alvez cukup kompak dan kecil dari pendahulunya, Wuling Almaz. Mobil ini memiliki panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Sekilas, ukuran Wuling Alvez hampir mirip dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta. Kaki-kaki mobil Wuling Alvez terlihat stylish dengan roda 16 inci. Sistem rem cakram terletak di bagian belakang pelek. Lampu depan atau headlight Wuling Alvez menggunakan tipe LED dengan desain yang mirip dengan mobil Eropa.

Dari dapur lintasan, Wuling Alvez adopsi mesin non-turbo. Mesin yang digunakan adalah Euro 4 dengan naturally aspirated 1.485 cc, 4-cylinder in-line, DVVT, DOHC yang dipadukan dengan pilihan transmisi otomatis CVT untuk varian EX dan CE. Sementara Alvez SE hanya tersedia dalam transmisi manual 6 percepatan. Diklaim kombinasi mesin dan transmisi Alvez mampu menghasilkan tenaga maksimal 105 hp pada 5.800 rpm dan torsi maksimum 143 Nm pada 4.000-4.600 rpm. Wuling Alvez hadir dalam tiga varian, yakni Alvez SE, Alvez CE dan Alvez EX. Alvez SE dibanderol Rp 209 juta, sedangkan Alvez CE dibanderol Rp 255 juta. Varian tertinggi Alvez EX ini dijual dengan harga Rp 295 jutaan.

 

2. Cherry Omoda

5 Mobil asal pabrikan asal China ini dibekali mesin 1500cc Turbo yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal 145 Hp dengan torsi maksimal 230Nm. Chery Omoda 5 memiliki dimensi panjang 4.400, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.588 mm. Rupanya, Omoda 5 memiliki desain yang sporty dan futuristik dengan desain grille depan frameless dengan potongan penuh berlian. Ditambah lagi, dengan lampu depan yang ramping, menambah kesan modern pada mobil ini.  Sementara itu, fitur yang ada pada mobil ini adalah Electronic Power Steering (EPS), Electronic Parking Brake (EPB) plus kemampuan automatic hold, Lane Keeping System (LDP), Traffic Sign Recognition System (TSR), Adaptive Cruise System (ACC), Integrated Cruise Assist (ICA) yang menghadirkan pengalaman berkendara yang nyaman.  Mobil ini memiliki dua varian, varian pertama Z, yang dibanderol Rp 328 juta dan varian RZ dibanderol Rp 398 jutaan.

 

3. Suzuki Grand Vitara

Melalui Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), mobil terbaru Suzuki yaitu Grand Vitara dapat mengoptimalkan penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai lithium-ion yang meningkatkan performa mesin yang terintegrasi pada mobil Grand Vitara, yaitu K15C Dual Jet. Performa mesin yang dihasilkan mampu memancarkan tenaga 103,06 hp atau 6.000 rpm dan torsi 136,8 Nm atau 4.400 rpm yang disalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan yang juga dilengkapi dengan paddle change di belakang setir. Secara desain, mobil ini memiliki wajah baru melalui sentuhan desain yang lebih modern dipadukan dengan aksen krom pada rangka yang membuat bentuk SUV ini lebih berani dan sporty. Kemudian, dari segi ukuran, mobil ini memiliki dimensi bodi dengan panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.645 mm, serta ground clearance 210 mm. Namun, harga mobil ini masih tertutup rapat oleh pabrikan Jepang. Namun, di Indonesia, mobil ini mulai dari 1,28 crore hingga 1,94 crore atau seharga Rp235 juta hingga Rp357 juta.

 

4. Mitsubishi XFC Concept

Mobil baru ini tidak hanya akan menghidupkan pasar SUV kompak, tetapi konsep Mitsubishi XFC juga akan sukses di segmen tersebut. Meski belum diungkap secara detail mengenai spesifikasi mobil ini, tampilan Mitsubishi XFC didesain dengan elegan dan furturistik. Di bagian depan mobil ada konsep “Dynamic Shield” yang mengekspresikan kinerja dan perlindungan optimal. Lampu depan berbentuk “L” di bagian atas unit lampu depan berpadu dengan daytime running light (DRL) berbentuk gril di bagian bawah untuk menerangi dalam bentuk “T” ikonik yang menunjukkan rasa kelapangan.

Sisi bodi terdiri dari permukaan dengan patung suar fender depan dan belakang serta garis karakter yang mengekspresikan kekuatan dan dinamisme sebuah SUV. Seperti bagian depan, bagian belakang juga dilengkapi lampu belakang berbentuk T untuk menciptakan desain yang menonjolkan kelapangan dan stabilitas. Dari interiornya sendiri, Mitsubishi XFC Concept menggunakan panel instrumen bertema horizontal.

Sementara itu, desain dinamis yang memanjang dari panel instrumen ke tepi pintu, serta serangkaian bantalan empuk, memberikan kesan dan perlindungan tahan air untuk menciptakan interior yang aman dan nyaman. Desain canggih Mitsubishi XFC, dengan bodinya yang ringkas, juga dirancang untuk dapat mengakomodasi utilitas dengan beban yang cukup luas.